Profil

 Dasar Hukum

  Kantor Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Banjarnegara dibentuk berdasarkan Peraturan Daerah

  Kabupaten  Banjarnegara nomor 17 Tahun 2008 tentang Organisasi dan Tata Kerja Lembaga Teknis Daerah Kabupaten

Banjarnegara  ( Lembaran Daerah Kabupaten  Banjarnegara tahunn 2008 Nomor 17 Seri D Nomor 4, Tambahan Lembaran

Daerah Kabupaten Banjarnegara Nomor 109 ), dimana Kantor   Pemberdayaan Masyarakat dan Desa salah satu SKPD yang

diatur dalam Peraturan Daerah tersebut

Tugas Pokok dan Fungsi

a).  Kantor Pemberdayaan Masyarakat dan Desa dipimpin oleh seorang Kepala Kantor yang mempunyai tugas pokok

melaksanakan penyusunan dan pelaksanaan kebijakan daerah yang bersifat spesifik di bidang pemberdayaan masyarakat.

b).  Untuk menyelenggarakan tugas pokok sebagaimana dimaksud pada ayat (a), Kantor Pemberdayaan Masyarakat dan

Desa mempunyai fungsi:

1)    Penyusunan kebijakan teknis bidang pemberdayaan masyarakat dan desa;

2)      Pengkoordinasian, fasilitasi dan pembinaan kegiatan pemberdayaan masyarakat dan desa di daerah;

3)      Pelaksanaan monitoring, evaluasi dan pelaporan kegiatan pemberdayaan masyarakat dan desa di daerah;

4)      Pengelolaan tata usaha kantor;

5)      Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Bupati sesuai tugas pokok dan fungsinya

Perencanaan :

Perencanaan adalah suatu proses pengambilan keputusan yang baik, dan tindakan tidak akan diambil tanpa dukungan

informasi yang memadai. Informasi adalah data yang memiliki sifat dan bentuk spesifik, sistematis, agar berguna sebagai

bahan pertimbangan pengambilan keputusan Pimpinan.

Sebagai salah satu perioritas pembangunan saat ini adalah pengentasan kemiskinan, sedangkan jika ditunjang dengan

kegiatan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa akan terlihat adanya suatu keterpaduan dimana seluruh kegiatan

pembangunan yang berlangsung di desa meliputi seluruh aspek kehidupan masyarakat, dan dilaksanakan secara terpadu

dengan mengembangkan swadaya dan kegotongroyongan masyarakat.

Dengan demikian dapat disampaikan, bahwa Kantor Pemberdayaan Masyarakat dan Desa dalam memfasilitasi

pembangunan masyarakat meliputi seluruh lapisan kehidupan masyarakat di desa dengan berbagi karakteristiknya.

Dengan adanya berbagai karakteristiknya tersebut, maka strategi pendekatan dalam pengelolaan pembangunan khususnya

pemberdayaan masyarakat dan Desa, harus mampu mendorong inisiatif dengan kemandirian masyarakat dalam

membangun masa depannya, melalui intervensi berbagi proses pembangunan, sehingga kondisi masyarakat, terutama

keluarga miskin dapat mencapai tingkat kemampuan yang diharapkan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s